Minggu, 21 Maret 2021

PENTINGNYA MENGETAHUI APA ITU WIRAUSAHA DIGITAL

Oleh : An Nissa Panindha 

Kewirausahaan Digital (digital entrepreneurship), yakni kewirausahaan yang dipengaruhi oleh, atau memanfaatkan, transformsasi digital dalam bisnis dan masyarakat. Dunia digital menawarkan sumber daya baru yang sangat luas bagi para wirausahawan untuk memanfaatkan, mulai dari pengumpulan data terbuka, konten, dan yang layanan yang tumbuh secara eksponensial hingga konstribusi online pengguna dan komunitas di selururuh dunia.

Menurut IR. IPM Jaya Marta, M.M. untuk menjadi seorang digital entrepreneurship kita harus mengetahui perkembangan informasi digital, khususnya di era revolusi industri 4.0 ini. Literasi digital di era ini sangat penting terutama bagi mahasiswa. Jika ingin menjadi entrepreneurship digital, seseorang harus memiliki strategi bisnis mencakup kepuasaan pelanggan, Omnichannel (menghubungkan dunia offline ke online), Big data, Cybersecurity, dan kapasitas digital. Teknologi informasi digital terpenuhi perannya jika menguasai perangkat lunak seperti (SAP Bussines One, SOPSHOS) atau perangkat keras seperti DELL ,oddo, dan internet provider yang mendukung.


Kewirausahaan digital penting untuk mengembangkan prospek kerja di masa yang akan datang dengan memanfaatkan digital teknologi informasi agar berjalan secara efektif dan efisien serta dapat berjalan secara otomatis supaya memiliki nilai tambah dalam pemanfaatannya. Prospek mahasiswa untuk menjadi digital entrepreneur. “Creating the future from the future”. Berdasarkan pernyataan nya dapat diartikan bahwa kita dapat membuat atau menjual sesuatu yang bermanfaat untuk diperjualbelikan secara online. Memiliki prospek di masa depan yang kegiatan cara kerjanya menggunakan sensor online berbasis teknologi. Bukan berarti Sumber daya manusia dihilangkan, tetapi hanya saja dikurangi. Dengan demikian penggunaan teknologi digital diharapkan akan lebih efektif. Diharapkan para mahasiswa bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di era revolusi industri ini, untuk menjadi seorang enterpreneur digital.

Terdapat beberapa hal tantangan yang terkait dengan kewirausahaan digital tentu yang terpenting dari semua peran digital yaitu Mobile Internet (Internet Seluler), Mobile Internet Cloud technology, Internet of things, Big data and advanved analytics.

1.    Mobile Internet

Penggunaan internet sudah menjadi bagian dalam gaya hidup masyarakat modern,a palagi dalam hal bisnis yang berkaitan online, internet bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan pemasaran melalui media cetak.

2.    Mobile Internet Cloud technology

Cloud Computing merupakan layanan TI untuk pengguna secara fleksibel dengan server virtual berskala besar untuk mempermudah kegiatan bisnis usaha, dengan layanan ini, menempatkan/ menitipkan data kita di program cloud tanpa harus berinvestasi. Tanpa cloud technology sulit untuk mengontrol kerja sama dengan perusahaan lainnya.

3.    Internet of things

artinya Memanfaatkan layanan GPS secara real time, juga memanfaatkan layanan jasa online.

4.    Big data and advanved analytics

Perusahaan membutuhkan data yang cukup besar dan juga membuat data warehouse untuk pengambilan keputusan secara akurat.

Jika ke 4 hal tersebut sudah signifikan maka revolusi bisnis digital sudah maju,dan dapat dikategorikan bahwa revolusi digital ini sudah sampai ke Indonesia.

Dibalik adanya tantangan yang harus dihadapi, terdapat juga peluang bisnis digital di Indonesia. Kita mengetahui bahwa Harga internet negara kita (Indonesia)  termasuk murah ke -2  sesudah India dibandingkan dengan 20 negara yg disurvei, Hal ini juga juga diperkuat dunia bahwa penggunaan media sosial termasuk tertinggi di dunia dan Jakarta dianggap ibu kota twitter dunia, Populasi pengguna internet meningkat karena Hp murah  selain itu tindakan pemerintah sudah melakukan upaya membuat palapa ring ( satu kabel fiber optik yang menghubungkan seluruh Indonesia ada 35 ribu km) dan cakupan 4G 23% (2015 ) berharap di tahun 2020 sudah terjadi peningkatan. Perkiraan 78% pengguna internet saat ini melakukan pembelian secara online. Sekitra 75% pembelian online dilakukan melalui perangkat seluler start up mulai terjadi pada aplikasi yang memenfaatkan bisnis online seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, Alfacart, Matahari Mall semakin canggih teknologi digital pembayarannya pun semakin canggih bermediakan digitalisasi seperti Ovo, Dana, Gopay, Kartuku, HaloMoney, mesin pembayaran otomatis, atau internet banking lainnya. 

Dalam bisnis besar atau bahkan proyek-proyek Jika entrepreneur menggunakan pabrik modern dalam system pemasarannya maka produksi yang dilakukan akan beralih ke operasi secara online. seperti pertambangan, misal saja Digitalisasi akan meningkatkan produktivitas tambang secara signifikan caranya dengan memakai pelayanan google map akan mengetahui tempat pertambangan secara efektif. Mereka bisa memanfaatkan drone yang fungsinya akan memantau data lingkungan seperti kualitas udara, suhu, cuaca untuk mengoptimalkan operasi sehari-hari. Entrepreneur menggunakan system online sebagai alat pendukung manajemen rantai pasokan, jika terdapat pekerjaan berbahaya, berat atau berulang maka akan dilaksanakan secara otomatis

Adapun kompetensi yang harus dimiliki jika ingin berniat menjadi wirausaha digital yaitu, memiliki target financial meliputi bagaimana cara mencari pelanggan baru, dan untuk pelanggan lama dengan memikirkan bagaimana si pelanggan membeli dan membeli terus dagangan yang kita wirausahakan. Mungkin bisa dengan cara kita menyebarkan brosur, promosi, atau bonus. Namun disamping kita memiliki target financial, kepuasaan pelanggan pun perlu diperhatikan (proses internal apa yang harus dikerjakan, SDM apa yang harus disediakan, siapa yang mengerjakan). Yang dimaksud proses internal atau SOP yang dimiliki yakni Produksi yang diwirausahakan, distribusi, ataupun resiko yang perlu diperhatian supaya para wirausaha berhasil bisa memenuhi kepuasan pelanggan. Alih-alih kewirausahaan yang kita jalankan perlu juga dalam penghematan biaya, memikirkan bagaimana aset-aset yang kita miliki produktif,  harus memiliki kemampuan melayani pelanggan dengan baik ( seleksi, akuisisi, loyalitas, growth ), memiliki inovasi ( dapat mengidentifikasi peluang, merancang kemudian membangun, Luncurkan strategi ), Membuat skala prioritas, komitmen terhadap pekerjaan, kemampuan dan kemauan, Dapat berkolaborasi dimulai dari bagaimana diri kita bisa membangun interaksi seperti seperti melakukan banyak hal yang nantinya akan mucul kerjasama gagasan ide-ide dengan yang lainnya, Update akan informasi yang berkembang maka akan bisa menata bisnis dengan baik Mengikuti kursus-kursus yang ada, setidaknya pernah berpengalaman kemudian dikembangkan lagi, Memilki komunikasi yang baik karena komunikasi merupakan keterampilan penting jika ingin menjadi seorang wirausaha untuk mengutarakan ide, menarik perhatian pelanggan untuk membeli. Keterampilan komunikasi baik pribadi maupun profesional adalah kunci sukses wirausaha. Dalam hal laporan keuangan seorang wirausaha juga harus memiliki kecerdasan finansial terutama mengerti tentang cash flow. Setiap wirausaha harus memiliki merk dan setiap wirausaha adalah merek. Dalam hal Marketing, seorang wirausahawan punya produk terbaik di dunia, tapi jika tidak ada yang tahu produk tidak akan berharga. Dalam berbisnis tali silahturahmi akan memperluas rezeki makin luas jaringan tali silahturahmi yang dibangun, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha. Wirausaha juga harus pandai dalam penggunaan Design. Design bukan hanya tampilan tetapi fungsinya. Mengikuti pelatihan khusus di website online kemudian dapatkan sertifikatnya setidaknya pernah mengikuti pelatihan yang pernah diselenggarakan. Untuk menjadi seorang wirausaha yang handal menganalisis data menjadi hal penting, bagaimana dia mampu meminimalkan risiko kegagalan dari sebuah keputusan yang diambil serta mengetahui kondisi dan kinerja perusahaan nya.

Di zaman saat ini teknologi sangatlah user friendly. Pentinya entrepreneur menggunakan atau mengakses google tren dalam berwirausaha untuk mempermudah dan supaya lebih modern di jaman teknologi yang serba canggih ini.  Demikian dari itu bahwa strategi marketing sangat memengaruhi jalannya wirausaha. Apakah akan berjalan dengan baik kedepannya atau bahkan sebaliknya.

 

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 

Posted by Dedi Purwana 

"artikel telah diposting di dunia kampus 4.0"

 https://www.duniakampus40.net/

 

 

 

 

 

 

15 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat dan pembahasannya menarik

    BalasHapus
  2. Artikel nya bermanfaat sekali, semangat berkarya

    BalasHapus
  3. Artikelnya bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  4. Sekar Ayu Pertiwi25 Maret 2021 pukul 04.22

    Wah artikelnya sangat menarik, sukses terus author

    BalasHapus
  5. terus posting artikel menarik lainnya!

    BalasHapus
  6. Artikel sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  7. Sekar Ayu Pertiwi16 April 2021 pukul 08.35

    Keren, artikenya sangat menarik dan informatif

    BalasHapus
  8. Wahh jadi pahamm deh, makasihh ya

    BalasHapus
  9. bagus banget artikelnya sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  10. artikel sangat bermanfaat

    BalasHapus